Air Terjun Lepo Dlingo Bantul Yogyakarta
JAVA TOURISM TRAVEL > Travelling > Air Terjun Lepo Dlingo Bantul Yogyakarta

Air Terjun Lepo Dlingo Bantul Yogyakarta


Air Terjun Lepo Dlingo Bantul

mungkin tidak asing terdengar di telinga Wisatawan terutama Wisatawan lokal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Air Terjun Dlingo ini merupakan Destinasi Wisata lama yang mungkin Namanya masih terdengar tetapi tidak setenar dulu ketika tahun 2015 hingga 2018. Dikala musim hujan air terjun yang satu ini akan menampakan keindahannya tetapi dikala musim kemarau air terjun ini tampak seperti sungai pada umumnya.

Ketika musim kemarau tiba, debit Air Terjun Lepo Dlingo tidak terlalu banyak. Bahkan dari 4 kolam yang berada disini, hanya kolam pertama dan kedua yang berisi air sedangkan kolam ketiga dan keempat kering hingga dasar kolam terlihat. Air yang terjun dari kolam pertama ke kolam kedua hanya mengalir biasa tidak atau tampak seperti air terjun pada umumnya. Akibatnya Wisatawan yang datang saat musim kemarau bisa dihitung dengan jari jumlahnya terutama saat weekday.

Lokasi Air Terjun Lepo

Secara administratif Air Terjun Lepo termasuk dalam wilayah Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (D. I. Yogyakarta) tepatnya Jalan Randusari, Banyuurip, Jatimulyo. Jarak dari Kota Jogja kurang lebih 30 km atau waktu tempuh 1,5 jam menggunakan kendaraan roda empat. Jalur yang bisa dilewati yakni jalan Imogiri atau jalan Wonosari dengan konstruksi jalan beraspal tetapi menanjak.

Keunikan Air Terjun Lepo

Air Terjun Lepo memiliki 3 air terjun dan 4 kolam dengan kedalaman yang berbeda. Kolam pertama tingkat paling atas memiliki kedalaman 2 meter, kolam ini terdapat tempat khusus untuk loncat yang terbuat dari jembatan bambu dengan tiang dari semen, biasanya yang jago berenang dan suka loncat memilih kolam yang pertama. Kolam kedua memiliki kedalaman sebatas pinggang orang dewasa, dan terdapat air terjun yang paling tinggi antara dua air terjun lainnya, kolam ini memiliki luas lebih dibandingkan ketiga kolam lainnya dan bebatuan yang mengelilingi berbentuk persegi panjang, kolam ini cocok bagi yang suka bermain air terjun atau anak-anak atau yang tidak bisa berenang.

Fasilitas Air Terjun Lepo

Fasilitas yang tersedia sudah cukup lengkap untuk ukuran objek wisata yang berada pada desa terpencil. Tempat ini terdapat Musholla, kios, warung, toilet, tempat duduk, dan fasilitas penunjang lainnya. Ketika kami kesini kira-in harga makan, snack, atau minuman sama seperti harga pada Destinasi Wisata pada umumnya tetapi malah sebaliknya, harganya normal seperti harga yang umumnya. Teman-teman bisa kebayang gak, murahnya seperti apa? Tentu Anda akan lebih hemat budget, bukan.

Admin pernah bertanya ke salah satu penjual makanan. Kenapa harga makan, snack, atau minuman harganya murah? Ibu itu menjawab, untuk apa mahal-mahal mas, terpenting bisa dapat untuk walau kecil, lagian kasihan Pengunjung yang datang jauh-jauh jika harga yang kita tawarkan mahal-mahal. Harga, makanan dan snack mulai Rp. 5.000 s/d Rp. 12.000 sedangkan harga minuman dari Rp. 3.000 s/d Rp. 7.000.

Waktu Buka dan Tiket Masuk Air Terjun Lepo

Air Terjun ini buka setiap hari Senin s/d Ahad mulai dari 08.00 s/d 17.00 WIB. Harga tiket Rp. 3.000 per orang, harga parkir Rp. 2.000 per motor, Rp. 5.000 per mobil, dan Rp. 15.000 bus. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Air Terjun saat weekday dari Senen s/d Jum’at ketika pagi hari karena pada waktu tersebut tidak terlalu banyak Wisatawan yang berkunjung. Dengan demikian, Anda dengan bebas mandi atau bermain air pada 4 kolam dan 3 air terjun lainnya.

Tips Berwisata ke Air Terjun Lepo dan Destinasi Wisata sekitarnya

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Bantul dan Destinasi Wisata lain yang berada sekitar Air Terjun, ikuti tips yang Kami berikan berikut ini:

  • Datanglah saat pagi hari sebelum matahari terbit sekitar 04.30 WIB atau saat menjelang Sholat Subuh.
  • Kunjungi Kebun Buah Mangunan terlebih dahulu karena pada Pukul 05.00 WIB gerbang Kebun Buah Mangunan sudah buka, dari tempat ini Anda bisa menikmati indahnya matahari terbit (sunrise) dan Anda akan merasakan sensasi seperti berada dalam atas awan.
  • Sekitar Pukul 07.30 WIB, lanjut perjalanan menuju Air Terjun Lepo untuk bermain air atau mandi pagi sambil sarapan pagi.
  • Dari Air Terjun Lepo Anda bebas memilih tujuan wisata mana saja bisa beberapa atau keseluruhannya tergantung waktu dan kondisi tubuh Anda.

Demikianlah informasi singkat tentang objek atau tempat wisata Air Terjun Lepo Yogyakarta. Jika kamu membutuhkan paket sewa mobil Jogja, kamu juga bisa menghubungi nomor Whatsapp ini atau Silahkan klik link ini >>> untuk bertanya dan diskusi tentang Paket Wisata Jogja.

javatourism

View All Posts

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *