Bak Negeri Di Atas Awan, Kebun Buah Mangunan Ramai Wisatawan.
JAVA TOURISM TRAVEL > Destinations > Bak Negeri Di Atas Awan, Kebun Buah Mangunan Ramai Wisatawan.

Bak Negeri Di Atas Awan, Kebun Buah Mangunan Ramai Wisatawan.

Jika melancong ke Yogyakarta, jangan malas bangun pagi. Berangkat saat sebelum matahari terbit, serta lekas mengarah Kebun Buah Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Selama perjalanan bukan hanya tumbuhan buah saja yang dapat kalian temui, tetapi pula panorama alam indah dari ketinggian yang tentu menyejukkan mata.

Kebun buah ini dibentuk oleh pemerintah pada tahun 2003 di atas tanah seluas 23,341 hektar yang terdapat pada ketinggian 200 mdpl. Titik ketinggian inilah yang membuat kawasan ini berhawa sejuk dengan panorama alam yang indah. Terletak pada ketinggian 200 mdpl dari tempat ini wisatawan bisa melihat keelokan Sungai Oyo yang mengalir meliuk membelah perbukitan.

Sesuai namanya, Kebun Buah Mangunan penuh deretan tanaman buah- buahan yang menghiasi bukit seluas 23 hektar ini. Penataannya juga lumayan menarik, yaitu sesuai dengan kontur kemiringan bukit. Tumbuhan buah yang terdapat pada tempat ini antara lain durian, mangga, rambutan, jambu air, jeruk, sawo, matoa, jambu biji, cempedak, kelengkeng, manggis, serta masih banyak lagi.

Negeri atas Awan Mangunan

Tetapi untuk sebagian besar pengunjung yang berkunjung ke Kebun Buah Mangunan, sejatinya bukan tanaman buah yang menjadi tujuan utama kunjungan mereka, melainkan sebuah spot menarik yaitu puncak bukit Mangunan. Dari puncak bukit yang ada pagar kayu ini pengunjung dapat melihat keelokan Sungai Oyo yang mengular membelah bukit. Sepintas pemandangan bak Negeri Atas Awan yang mirip dengan Negeri Dongeng.

Bila tiba saat pagi hari, Ngarai Sungai Oyo biasanya tertutup kabut putih. dan waktu itulah kabut akan muncul menyelimuti hamparan Pegunungan Sewu yang asri dan Sungai Oya yang meliuk cantik. Kalau sudah begitu, wisatawan akan ramai-ramai berfoto dengan latar belakang gumpalan kabut dan membuat hasil fotonya seolah berada dalam negeri dongeng. Apalagi bersama dengan semburat mentari yang berkilau keemasan.

Buat berliburan ke Kebun Buah Mangunan pengunjung cukup merogoh kocek Rp 5. 000 per orang. Sarana yang terdapat pada tempat ini antara lain camping ground, homestay, gardu pandang, gazebo, play ground yang ada kandang rusanya, serta tempat pembibitan tumbuhan.

Lokasi serta Akses Mengarah Kebun Buah Mangunan

Kebun buah ini lokasinya Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul. Jarak dari pusat Kota Jogja kurang lebih 35 kilometer. Untuk mencapai tempat ini pengunjung bisa menuju Terminal Giwangan. Dari terminal ambil jalur lurus ke Selatan( Jalur Imogiri Timur). Sesampainya dy Imogiri ambil Jalan Imogiri– Dlingo. Dari sana silakan simak petunjuk arah yang sudah ada.

Perjalanan dari Kota Jogja mengarah Kebun Buah Mangunan menjanjikan panorama alam yang indah serta petualangan yang menarik. Dari Jogja sampai Imogiri pengunjung akan dimanja dengan hamparan sawah menghijau luas serta gugusan Pegunungan Sewu di sebelah timur. Dari Imogiri mengarah Dlingo jalur mulai menanjak serta berkelok. Hamparan hutan pinus akan jadi spot yang sayang dilewatkan untuk mengambil foto.

*paket wisata jogja

*ulasan review

javatourism

View All Posts

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *