[email protected]     0813 2821 1563

Candi Ijo, Si Menawan Penuh Misteri di Atas Bukit
JAVA TOURISM TRAVEL > Destinations > Candi Ijo, Si Menawan Penuh Misteri di Atas Bukit

paket wisata jogja

Candi Ijo, Si Menawan Penuh Misteri di Atas Bukit

Candi Ijo Yogyakarta adalah candi dengan hamparan bukit hijau atau lebih dikenal Gumuk Ijo. Berada di atas bukit, membuat candi cantik ini menjadi candi dengan lokasi paling tinggi di kawasan Yogyakarta. Bagi Anda yang penasaran dengan Candi Ijo, berikut kami merangkum sejarah hingga beberapa fakta menarik seputar wisata Candi Ijo.

Candi Ijo, Candi Cantik yang Tersembunyi dalam Bumi Yogyakarta

Yogyakarta bagian timur menjadi salah satu kawasan yang kaya akan bangunan candi. Mulai dari candi populer seperti Candi Prambanan hingga berbagai candi tersembunyi yang menawan. Salah satunya adalah Candi Ijo yang muncul pada abad ke 9. Berdasarkan catatan sejarah, komplek Candi Ijo terdiri dari 17 struktur bangunan dan terbagi dalam 11 teras berundak. Selain itu, peletakan bangunan setiap teras juga berdasarkan kesakralan. Sealanjutnya jika candi yang berada paling tinggi ialah bangunan candi yang paling sakral sehingga kita harus hormati. Dari teras candi paling tinggi ini terdapat 4 bangunan, satu merupakan candi utama dan tiga lainnya ialah candi perwara dengan bentuk yang masih utuh dan terjaga.

Masih berada dalam bagian komplek Istana Ratu Boko, Candi Ijo berdiri gagah dan terlihat sangat menawan. Bagaimana tidak, bangunan candi ini tepat berada antara lereng bukit sehingga dari bagian teras para wisatawan yang berkunjung dengan mudah bisa melihat pemukiman penduduk, area ladang, pesawat yang landing atau take off dari bandara, melihat landscape merapi, menikmati matahari senja dan masih banyak lainnya.

Fakta-Fakta Tentang Candi Ijo

Berikut beberapa fakta menarik seputar Candi Ijo, antara lain:

  • Candi menawan yang berada pada ketinggian 410 m dari atas permukaan laut. Fakta ini membuat Candi Ijo menjadi komplek candi paling tinggi se-daerah Yogyakarta.
  • Waktu terbaik untuk menikmati pesona keindahan Candi Ijo ialah saat sore hari karena pesona bebatuan candi yang terguyur senja benar-benar tidak bisa menolaknya. Waktu tersebut juga sangat cocok untuk oleh Anda yang hobi memandang sunset.
  • Bahkan bagian teras ke 9 candi ada sebuah prasasti batu. Bukan sembarang batu prasasti, permukaan batu ini terdapat berbagai mantra-mantra tua yang pastinya masyarakat setempat sebagai mantra kutukan.
  • Selanjutnya sekitar sudut Candi Ijo juga terdapat sebuah lokasi penambangan yang terkenal penambangan Batu Gamping. Area ini penuhi tebing-tebing kapur berwarna putih yang memberikan kesan dramatis, wajar saja jika ada banyak pengunjung yang menjadikannya sebagai spot berfoto. Tebing kapur yang dimaksud juga memiliki nama lain yaitu White Canyon yang populer untuk kalangan masyarakat.

Lokasi dan Akses Candi Ijo

Untuk Anda yang belum tahu nih, Candi Ijo tepat berada dalam area Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Untuk mencapai wilayah Candi Ijo, wisatawan yang berangkat dari Solo bisa mengikuti jalan raya Prambanan ke Piyungan. Setelah melewati Istana Ratu Boko, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berbelok ke arah kiri dan ikuti petunjuk arah yang telah terpasang. Akses menuju Candi Ijo terbilang cukup sulit karena jalan yang harus Anda lalui berupa tanjakan yang lumayan curam. Anda bisa mengakses candi cantik namun tersembunyi ini dengan menggunakan kendaran roda dua maupun roda empat.

Dan pastinya anda dengan mudahnya langsung melihat Candi Ijo karena lokasinya yang tepat berada sebelah kiri jalan. Pastikan Anda datang ke Candi Ijo pada waktu yang tepat sehingga berkesempatan menyaksikan dan menikmati semua pesonanya.

*Halaman Java Tourism Indonesia

*paket wisata jogja

 


LIHAT PAKET WISATA

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *