[email protected]     0813 2821 1563

Wisata Sejarah, “Candi sambisari”
JAVA TOURISM TRAVEL > Destinations > Wisata Sejarah, “Candi sambisari”

Wisata Sejarah, “Candi sambisari”

4 Informasi Penting Yang Harus Tahu Sebelum Berkunjung Candi Sambisari

Salah satu candi yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur ke Yogyakarta adalah Candi Sambisari. Sayang sekali jika Anda meninggalkan salah satu candi peninggalan Mataram Kuno ini. Candi ini terkenal bukan hanya memiliki nilai sejarah dan keindahan candinya tetapi ketika berada di kawasannya bisa menikmati matahari terbenam dengan indah seperti di pantai. Namun, terdapat beberapa informasi menarik mengenai Candi ini yang harus Anda ketahui sebelum berkunjung ke sana.

Lokasi Candi Sambisari

Destinasi wisata ini termasuk dalam kawasan Desa Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk mengakses tempat ini anda perlu berkendara 12 km dari Kota Yogyakarta ke arah Kota Solo melewati kawasan Bandara Internasional Adi Sucipto. Jalan menuju Candi lebih dekat ketimbang menuju Candi Prambanan karena berjarak 4 km sebelum kompleks Candi Prambanan. Anda bisa berjalan-jalan sekaligus ke banyak candi karena beberapa kawasan candi seperti Candi Prambanan, Candi Plaosan dan Candi Sojiwan jaraknya lumayan dekat. Terdapat paket yang lebih murah dan ada fasilitas bus bagi yang ingin melakukan perjalanan ke beberapa candi sekaligus.

Sejarah Candi Sambisari

Kira – kira kapan ya munculnya ? Sekitar awal abad ke-9 M atau sekitar 812-838 M oleh Raja Mataram Kuno dari Wangsa Syailendra yang bernama Rakai Garung. Candi ini beraliran Hindu Syiwa. Sebelumnya secara tidak sengaja oleh seorang petani bernama Karyowinangun yang akan mencangkul sawahnya pada tahun 1966, bangunan Candi benar-benar tertutup oleh material bekas letusan Gunung Merapi yang terjadi pada tahun 1906. Bahkan, hingga bangunan utamanya tertutup dalam tanah sedalam 6,5 meter. Setelah itu oleh Dinas Kepurbakalaan langsung melakukan ekskavasi dan pembangunan selesai pugar pada tahun 1986.

Bangunan Candi Sambisari

Candi utama Candi ini menghadap ke arah barat yang berada anatar tengah-tengah kawasan dengan tiga candi pendamping (perwara). Kompleks Candi ada pagar batu sekitarnya dan mempunyai dua halaman rumput-rumput luas hijau yang indah. Halaman luar dikelilingi pagar batu yang rendah sedangkan halaman dalam terdapat pagar batu yang tinggi. Dari jauh kawasan Candi mirip seperti kastil yang berada dalam taman. Tinggi Candi Sambisari yang utama mencapai 7,5 meter yang dalamnya terdapat lingga dan yoni yang berukuran relatif besar. Terdapat beberapa patung yang mengelilingi bangunan utama dari empat arah penjuru mata angin, yaitu sebagai berikut:

  • Utara: patung Arca Durga Mahisasuramardini.
  • Timur: patung Ganesha.
  • Selatan: patung Agastya.
  • Barat: patung Mahakala dan Nandiswara.

Cara Menikmati Candi Sambisari

Sebagai penikmat sejarah, Anda bisa melihat-lihat berbagai detail-detail bangunan kuno yang ada di kompleks sekitar Candi. Bangunan dengan arsitektur yang indah tentunya sangat sayang bila tidak kamu abadikan dengan foto-foto, untuk sekadar kenang-kenangan atau pun nantinya bisa kamu unggah lewat sosial media. Setelahnya, saat sore Candi Sambisari yang bangunannya tidak terlalu tinggi dan ada lapangan terbuka terkenal indah pemandangan senjanya. Anda bisa dengan mudah melihat matahari dari arah Barat. Dan pemandangan yang layak dkamu nikmati bersama orang-orang terdekat yang menemani Anda berkunjung ke Candi Sambisari. 

Harga tiket masuk Candi relatif terjangkau, untuk wisatawan lokal kamu hanya bayar 20 ribu rupiah per orang sedangkan 50 ribu rupiah per orang untuk wisatawan mancanegara. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Candi Sambisari adalah jam 8 pagi samapai 4 sore. Selamat menikmati keindahan Candi Sambisari!

Jika kamu membutuhkan paket sewa mobil Jogja, kamu juga bisa menghubungi nomor Whatsapp ini atau Silahkan klik link ini >>> untuk bertanya dan diskusi tentang Paket Wisata Jogja.


LIHAT PAKET WISATA

javatourism

View All Posts

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *