[email protected]     62813 2821 1563

Kebun Teh Nglinggo, Kebun Teh Yang Mempunyai Keunikan Tersendiri.

Apa sih yang menarik dari kebun teh? Luasnya yang berhektar- hektar, terbentang hijau sepanjang mata memandang? Udaranya yang sejuk? Atau lembah- lembahnya yang nampak subur? Jika begitu, Kamu telah ke Kebun Teh Nglinggo di Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta? Kebun teh ini mempunyai topografi berbukit- bukit, serta luasnyapun tidak sampai berhektar- hektar. Lalu apa yang menarik dari kebun teh ini? Ayo, lihat lebih dekat. Dulunya, kawasan kebun teh yang terpisah- pisah di Yogyakarta ini dikenal dengan nama Tanah Misi. Tetapi saat ini, dengan nama Kebun Teh Nglinggo, kawasan ini menjadi destinasi wisata yang semakin hits saja di daerah Kecamatan Samigaluh. Tidak cuma menyuguhkan pemandangan alamnya yang hijau, kebun teh ini juga dilengkapi dengan gardu pandang sebagai fasilitas swafoto yang kekinian. Udara yang tetap sejuk dikala matahari bersinar terang menawarkan kenyamanan tertentu, membuat acara tea walk jadi makin asik.

Wisata Kebun Teh Nglinggo dapat dibilang tidak kalah dengan Wisata Alam Kalibiru ataupun Puncak Becici. Dengan ketinggian lebih dari 800 mdpl, Kebun Teh Nglinggo pastinya jadi opsi menarik untuk dieksplor di Yogyakarta. Walaupun tidak seluas kebun teh PTPN, atau kebun- kebun teh di Bogor, atau bahkan kebun teh Kemuning di Karangayar, Kebun Teh Nglinggo tetap menarik dengan caranya sendiri– tidak hanya petak- petaknya yang terpisah, namun juga liku terjal jalannya.

Produk oleh- oleh terbaru dari Kebun Teh Nglinggo merupakan Teh Wangi Suroloyo. Produk teh hasil kerjasama para para petani teh, Pemkab Kulon Progo, serta PT Pagilaran ini dirancang untuk jadi produk ikon kebun teh di daerah Kecamatan Samigaluh.

Kuliner

Kebun Teh Nglinggo telah lengkap dengan kedai- kedai kecil yang menyajikan santapan serta minuman. Pengunjung dapat melepas letih, menikmati hawa sejuk perkebunan teh, sembari mengisi perut di kedai- kedai milik masyarakat setempat, yang telah berpengalaman menjadi tuan rumah pengunjung. Menikmati secangkir teh Nglinggo langsung di kebun, serta diracik oleh warga Nglinggo sendiri, menghadirkan sensasi berbeda yang tidak terlupakan.

Kegiatan

Mumpung berada di kawasan Kebun Teh Nglinggo nih. Ayo, sempatkan ke Puncak Kendeng Gunung Kukusan. Rasakan tanah merah Pegunungan Menoreh yang lengket di kaki, yang akan dibayar tuntas dengan pemandangan alam hijau memuaskan mata dikala Kamu tiba di akhir track. Berdiri di Puncak Kendeng Gunung Kukusan ini, Kamu dapat memandang langsung puncak Gunung Merapi, Gunung Slamet, Gunung Merbabu, Gunung Ungaran, Gunung Prau, Gunung Telomoyo, Gunung Sindoro, serta Gunung Sumbing. Dengan satu catatan, cuaca lagi cerah, yaa!

Tips Berwisata

Kebun Teh Nglinggo terletak di salah satu pucuk Perbukitan Menoreh, di ujung barat Yogyakarta. Tidak jauh dari kebun tehnya, Kamu dapat mampir menikmati suguhan wisata di Desa Nglinggo, yang pula menawarkan Air Terjun Grojogan Watu Jonggol. Menginap di desa wisata ini akan memungkinkan Kamu menikmati suasana pagi di Kebun Teh Nglinggo. Meski kebun teh ini nampak elok sepanjang waktu, suasana paginya betul- betul terasa berbeda. Untuk mencapai Kebun Teh Nglinggo, Kamu dapat memilih rute terdekat lewat jalur penghubung Dekso dan Samigaluh. Sedikit memutar, Kamu juga bisa mengarah ke arah Goa Kiskendo terlebih dulu, baru ke Samigaluh.

Akses Transportasi

Dari Kota Yogyakarta, Kamu langsung saja mengambil arah menuju Jalan Godean. 18 km perjalanan dari pusat kota, Kamu telah tiba di daerah Kabupaten Kulon Progo. Sehabis melewati Jembatan Kali Progo, Kamu akan tiba di persimpangan lampu merah Kenteng. Belok kanan, terus saja hingga tiba di persimpangan lampu merah Dekso. Belok kiri, terus saja hingga kamu tiba di Pasar Plono. Dari sini, Kebun Teh Nglinggo telah dekat. kamu dapat menemukan petunjuk arah, ataupun langsung saja tanya pada masyarakat yang melintas. Infrastruktur dari Pasar Plono sampai posisi kebun teh lumayan memprihatinkan, sempit, banyak lubang, serta mendaki, jadi Kamu harus lebih berhati- hati sesampainya di kawasan ini.

javatourism

View All Posts

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *