Keindahan Bukit Pengilon

Bukit pengilon gunungkidul adalah salah satu spot wisata alam Jogja yang memiliki keindahan yang luar biasa. Meskipun bukit, spot wisata ini berada di area Pantai di Jogja yang berada di pesisir selatan, yaitu daerah Gunung Kidul. Biasanya, spot wisata alam yang asri berada di area utara Jogja dekat Gunung Merapi atau berada di barat Jogja.

Bukit pengilon gunungkidul adalah salah satu spot wisata alam Jogja yang memiliki keindahan yang luar biasa. Meskipun namanya bukit, spot wisata ini sebenarnya adalah pantai pesisir selatan, yaitu daerah Gunung Kidul. Biasanya, spot wisata alam yang asri berada sekitar area utara Jogja dekat Gunung Merapi atau berada sebelah barat Jogja.

Bukit Pengilon sering identik seperti pegunungan hijau yang terdapat di luar negeri karena keindahannya. Selain pemandangan yang menakjubkan, para wisatawan juga dapat melakukan berbagai aktivitas sekitar lokasi wisata alam Jogja yang satu ini.

Kawasan bukit pengilon gunungkidul menjadi unik karena hamparan rumput yang luas dan berbatasan langsung dengan pantai. Bukit ini berada sekitar kaki Gunung Purba Batur dari jutaan tahun yang lalu merupakan Gunung Api Aktif. Sekarang area ini menjadi spot wisata menarik untuk melihat pantai-pantai sekitarnya.

Dari ketinggian bukit ini, para wisatawan bisa melihat pemandangan Pantai Wediombo dan Pantai Watu Lumbung arah timur dan Pantai Banyu Nibo dan Pantai Siung dari arah barat. Pantai-pantai ini memang terkenal dengan banyaknya batuan karang besar yang hampir menyerupai bukit dan menarik untuk dipandang. Dari atas Bukit Pengilon, pemandangan bebatuan karang ini menjadi lebih mempesona.

Lokasi dan Rute

Bukit Pengilon berada dalam kawasan desa Tepus, Purwodadi, Gunung Kidul, Balong, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Lokasinya searah dengan Pantai Watu Lumbung dan Pantai Wedi Ombo. Ada juga yang mengaksesnya melalui Pantai Siung. Namun lokasi ini memang lebih berat ke bagian timur hampir menuju Wonogiri, Jawa Tengah.

Untuk menuju ke lokasi, para pengunjung harus bersabar karena lokasinya yang sangat jauh dari Kota Jogja dan lumayan terpencil. Namun rute yang ada sudah cukup baik karena beberapa titik sudah terdapat aspal halus. Dari Kota Jogja, para wisatawan harus berkendara hingga kurang lebih 75 km untuk sampai ke lokasi.

Baca juga: Sewa Mobil Jogja yang paling recommended 2020

Rutenya mulai dari Jalan Wonosari hingga Kota Wonosari, ibukota Kabupaten Gunung Kidul. Setelah dari Wonosari mengarah ke selatan melewati Jalan Baron, jalan menuju Pantai Baron. Dari Jalan Baron kemudian bertemu dengan pertigaan Mulo Wonosari dan berbelok ke Timur. Kemudian akan sampai Tepus dan masih terus berlanjut hingga bertemu dengan Jalan Watu Lumbung.

Setelah sampai Pantai Watu Lumbung, terdapat tempat penarikan tiket. Dari sana wisatawan membayar tiket masuk dan memarkir kendaraan sekitar lokasi. Kemudian perjalanan masih lanjut melalui jalan setapak menuju Bukit Pengilon.

Fasilitas Bukit Pengilon

Karena berada dalam pelosok dan sangat jauh dari area pantai dan pemukiman, sekitar lokasi ini tidak terdapat fasilitas seperti kamar mandi apalagi tempat makan. Sehingga untuk mengunjung apalagi berkemah, para pengunjung harus melakukan persiapan dan membawa segala perlengkapan sejak sebelum sampai bukit pengilon.

Informasi Tambahan

Waktu terbaik untuk mengunjungi lokasi ini adalah pada saat akhir musim panas dan sebelum musim hujan. Meskipun saat musim panas juga bisa menjadi pilihan. Karena saat musim hujan, cuaca akan basah dan tidak banyak aktivitas yang dapat anda nikmati sekitar lokasi. Terlebih lagi, trek menuju bukit yang anda lalui dengan berjalan kaki menjadi lebih beresiko. Demikianlah informasi singkat tentang objek atau tempat wisata Bukit Pengilon Yogyakarta. Semoga bermanfaat.

Baca juga: 45 Destinasi wisata hits yogyakarta 2020

javatourism

View All Posts

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *