Mengeksplorasi Goa pindul
JAVA TOURISM TRAVEL > Destinations > Mengeksplorasi Goa pindul

Mengeksplorasi Goa pindul

Musim liburan telah tiba, saatnya merencanakan destinasi liburan yang menyenangkan bersama keluarga dan orang tersayang. Ada begitu banyak tempat wisata seluruh Indonesia yang bisa menjadi referensi untuk menghabiskan waktu liburan, salah satunya adalah goa pindul yogyakarta

Rafting Goa Pindul Jogja

Bagi yang ingin menetapkan destinasi liburan ke kota Jogja, anda dapat mencoba salah satu tempat wisata menarik yaitu goa pindul. Wisata goa pindul sendiri berada dalam area Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Objek wisata ini sudah menjadi ikon kabupaten ini sehingga tidak mengherankan banyak wisatawan yang datang mengunjungi. Wisata goa pindul menawarkan tantangan tersendiri bagi para wisatawan, yaitu dengan melakukan cave tubing. Kegiatan yang membutuhkan keberanian ini adalah kegiatan menyusuri goa menggunakan ban pelampung mengikuti aliran sungai bawah dalam goa.

Obyek wisata yang resmi buka pada 10 Oktober 2010 ini memiliki panjang sekitar 350 meter dengan lebar 5 meter, serta jarak antara air dan langit-langit goa adalah 4 meter. Wisatawan yang ingin menyusuri goa ini harus mengantri satu persatu karena pada bagian dalam goa terdapat bagian yang sempit.

Dan hanya bisa lewat satu pelampung, dan nantinya perjalanan menyusuri goa akan berakhir pada sebuah dam. Aliran sungai pada goa pindul berasal dari mata air Gedong Tujuh, dan aliran air ini mulai dari mulut goa sampai bagian akhir goa.

Tentang goa pindul jogja

Goa pindul memiliki formasi bebatuan stalaktit dan beberapa ada yang sudah tumbuh sampai bawah sehingga terlihat seperti pilar. Selain itu goa ini memiliki 3 zona yaitu zona terang, remang, dan gelap. Dan salah satu bagian goa terdapat tempat yang cukup lebar dan terdapat juga celah.

Sehingga sinar matahari dapat masuk dan menjadi sebagai jalur masuk secara vertikal. Selain tempat untuk bermain, goa ini juga terdapat monumen peninggalan Jenderal Soedirman, situs purbakala Sokoliman dan Goa Gelatik. 

Menurut kisah yang sebelumnya secara turun temurun, nama goa pindul berasal dari kisah perjalanan seorang lelaki bernama Joko Singlulung untuk mencari ayahnya. Saat sedang menyusuri goa yang memiliki aliran sungai, pipi Joko terbentur batu besar yang ada dalam goa. Sehingga menjadi nama Goa pindul yang berasal dari kata pipi gebendul dari kata Bahasa Jawa yang artinya pipi kebentur. 

Lokasi Obyek Wisata Goa Pindul Jogja

Goa pindul lebih tepatnya berada dalam wilayah Desa Gelaran 1, Kelurahan Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Desa ini terletak dalam kawasan perbukitan karst sehingga banyak batuan yang mendominasi. Untuk bisa sampai ke tempat wisata ini, dilakukan perjalanan selama 2 jam menggunakan kendaraan pribadi melewati jalan Wonosari, tepatnya sekitar 7 km ke arah utara kota Wonosari dan kemudian perjalanan lanjut dengan mengikuti aspal hingga sampai ke lokasi.

Biaya Berwisata di Goa pindul

Untuk bisa menikmati wisata ini, cukup membayar sebesar 45 ribu per orang dan sudah termasuk fasilitas rafting seperti baju pelampung dan ban pelampung. Selain itu fasilitas lain adalah rumah makan, area parkir, dan penginapan yang lengkap dengan fasilitas dan mulai dari harga 50 ribu per orang.

Fasilitas yang tersedia di lokasi wisata ini lumayan lengkap dan tempat ini dibuka untuk umum setiap hari dimulai dari pukul 06.30-17.00 WIB sehingga tidak perlu khawatir untuk berwisata disini.

*paket wisata jogja

*halaman facebook java tourism indonesia

 


LIHAT PAKET WISATA

javatourism

View All Posts

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *