[email protected]     0813 2821 1563

Nilai Edukasi Saat Mengunjungi “Museum Gunung Merapi”
JAVA TOURISM TRAVEL > Destinations > Nilai Edukasi Saat Mengunjungi “Museum Gunung Merapi”

https://jogjaonstage.com/wp-content/uploads/2018/10/museumgunungmerapi2.png

Nilai Edukasi Saat Mengunjungi “Museum Gunung Merapi”

Tak bosan kita membahas tentang gunung merapi dan sekitarnya, sejumlah misteri dan kenangan masa silam memang telah menjadikan merapi sebagai simbol khas Jogjakarta. Usai kamu mendaki desa Kinah rejo dan membuktikan kedahsyatan hasil letusan merapi maka saatnya kamu turun ke museum gunung merapi. 

Rute Menuju Lokasi

Jika kamu berasal dari Jogja maka bisa naik mobil menuju jalan Kaliurang km 22, dari sini akan sampai ke tugu masuk ke wisata Kaliurang. Setelah itu masuk sampai menemukan tanda menuju museum merapi. Tanda ini belok ke kanan dan ikuti jalan lurusnya. Dan jangan khawatir Jalan aspalnya sudah cukup bagus hanya saja tidak terlalu lebar tapi cukup untuk bus. Museum ini dibangun tahun 2010 untuk mengenang segala aktivitas merapi mulai dari awal hingga meletus. Jika kamu masuk tentunya akan takjub karena latar belakangnya sudah terlihat gagahnya gunung merapi. 

Tiket Masuk 

Jam buka museum ini pukul 8 sampai 4 sore untuk hari Senin-Kamis. Jika hari Jumat mulai pukul 8 sampai 2 siang. Dan sabtu-minggu mulai pukul 8 sampai setengah 4 sore. Tiket masuknya hanya 10 ribu per orang. Kamu juga boleh membawa anak untuk anak – anak untuk mengajarinya tentang alam gunung dan resiko-nya yang dahsyat yang terjadi.

Isi Museum 

Museum gunung merapi ini begitu artistik sekali karena gedungnya berbentuk trapesium dan dalamnya sangat memukau. Museum ini ada dua lantai yang pertama berisi miniatur gunung merapi melingkar tepat pintu masuk. Dan miniatur ini sangat mirip dengan aslinya lho, jika kamu menekan tombol maka suara gemuruh akan memenuhi semua isi ruangan.

Ada pula foto hasil jepretan sebelum dan sesaat setelah merapi meletus, sisa hasil letusan 2010 kemarin juga terabadikan guna materi belajar tentang. Aneh tapi nyata, gelas yang terkena Wedhus gembel ini tidak pecah dan masih utuh, padahal Wedhus gembel itu masih dalam kondisi panas.

Setelah itu maka bisa naik ke lantai dua dengan banyak sekali potret letusan merapi, lorong simulasi merapi dan lorong simulasi gempa. Lantai dua ini berisi sebagian hewan yang terkena Wedhus gembel dan masih utuh tidak membusuk. Mungkin kamu bisa teliti mengapa bisa terjadi tahan lama padahal abu panas itu harusnya membuat hewan gosong dan membusuk. 

Hikmah Letusan Gunung Merapi

Kemudian, kamu bisa masuk ke ruangan mini yang menampilkan merapi dan erupsinya selama 24 menit. Dan dalam video ini kamu juga bisa menilai hikmah dari letusan merapi karena memberikan penghidupan masyarakat yaitu tanah yang subur.

Merapi memang terkesan mengerikan dan ganas namun sebenarnya Tuhan telah memberikan tanah yang subur agar manusia bisa bercocok tanam. Tanpa adanya lahar merapi maka tanah pulau Jawa ini akan meranggas dan kering karena unsur hara dan kebutuhan vitamin tanah masih sangat kurang hanya apabila mengandalkan pupuk organik dan pupuk buatan.  

Jika kamu membutuhkan paket sewa mobil Jogja, kamu juga bisa menghubungi nomor Whatsapp ini atau Silahkan klik link ini >>> untuk bertanya dan diskusi tentang Paket Wisata Jogja.


LIHAT PAKET WISATA

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *