[email protected]     0813 2821 1563

Titik Nol km Jogja, Spot Yang Patut Anda Kunjungi
JAVA TOURISM TRAVEL > Destinations > Titik Nol km Jogja, Spot Yang Patut Anda Kunjungi

titik nol jogja

Titik Nol km Jogja, Spot Yang Patut Anda Kunjungi

Jogja memiliki titik nol km yang dikenal sebagai pusatnya. Keberadaan titik nol km Jogja ini menjadi keunikan tersendiri karena lokasi dan sejarahnya. Bagi para wisatawan yang berkesempatan mampir ke Jogja, tidak lengkap rasanya berwisata di Jogja jika belum mengunjungi titik nol km Jogja.

 

Sebagai daerah wisata terkenal di Indonesia, Jogja memiliki banyak obyek wisata yang bisa dikunjungi. Seperti di daerah selatan Jogja yang terkenal dengan berbagai pantai-pantai eksotisnya. Begitu pula daerah utara dan beberapa daerah lainnya yang memiliki spot wisata alam yang mempesona.

 

Titik Nol Km Jogja

Bagi Anda yang berwisata di Jogja, sudah berapa lokasi wisata yang pernah Anda kunjungi? Seluruh lokasi wisata tersebut pasti sangat mudah diketahui rutenya dari titik nol km Jogja. Karena lokasi ini berada di jantung Jogja. Sehingga kemanapun Anda akan pergi, titik ini selalu menjadi patokannya.

 

Spot ini selain sebagai pusat yang menghubungkan ke berbagai rute di Jogja juga sangat dekat dengan sejarah dan kebudayaan Jogja. Sebagai sebuah persimpangan yang terdiri dari empat jalur, di setiap sisinya terdapat bangunan yang bersejarah.

 

Bangunan yang pertama adalah Kantor Pos pusat. Aktivitas di Kantor Pos memang tidak sesibuk dulu lagi, namun bangunan Kantor Pos ini tetap menjadi sebuah pemandangan yang unik. Bangunan bergaya Belanda ini begitu besar dan megah dan cocok untuk menjadi latar. Bangunan ini berada di sisi tenggara.

 

Sedangkan di sisi barat daya, terdapat bangunan besar yang juga megah yaitu Bank BNI. Bangunan ini-pun bergaya arsitektur Belanda yang lokasinya membelakangi alun-alun dan masjid Agung Gedhe Kauman Jogja.

 

Di sisi barat laut, terdapat bangunan megah bak istana yang juga merupakan peninggalan Belanda pada masa penjajahan. Gedung ini juga sempat digunakan oleh Jepang hingga akhirnya menjadi tempat menginap Presiden apabila sedang melakukan kunjugan kerja di Jogja. Gedung inilah yang menjadi Istana Kepresidenan di Jogja.

 

Untuk sisi timur laut, terdapat Monumen Serangan Sebelas Maret dan Benteng Vredeburg yang keduanya sangat bersejarah bagi Jogja bahkan Indonesia. Bangunan ini menjadi spot wisata yang selalu ramai pada saat masa-masa berliburan karena keunikannya dan sangat cocok sebagai spot wisata edukasi sejarah..

 

Pada momen-momen tertentu, titik nol juga menjadi pusat berbagai kegiatan seni di Jogja. Tidak jarang para seniman berkumpul membuat pertunjukan seperti seni musik di lokasi ini. Selain itu, di lokasi ini juga terkadang diadakan pagelaran kebudayaan yang juga bisa dinikmati oleh para wisatawan di Jogja.

 

Lokasi dan Rute

Untuk alamatnya, titik nol km berada di Jl. Pangurakan No.1, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta. Lokasi ini tentu saja sangat mudah untuk ditemukan karena berada di pusat Kota Jogja. Selain itu, berbagai informasi rute menuju berbagai lokasi wisata di Jogja seringkali berpatokan awal dari lokasi ini.

 

Dari Bandar Udara Adisutjipto, lokasinya bisa dituju melalui Jalan Jogja – Solo ke arah Tugu Jogja. Sesampainya di Tugu, mengarah ke selatan dan mengikuti jalur hingga bertemu stasiun kereta api Tugu. Kemudian sedikit memutar ke arah timur hingga kembali mengarah ke barat bertemu jalan Malioboro. Lokasi tujuan tepat berada di ujung selatan setelah Jalan Malioboro.

 

Karena berada di pusat Kota Jogja, rute menuju lokasi bisa ditempuh dengan berbagai ukuran kendaraan mulai dari sepeda motor hingga bus pariwisata. Namun kendaraan diparkir di tempat parkir yang disediakan yang lumayan jauh dari lokasi. Hal ini untuk kepentingan bersama mengurangi kemacetan di area Jalan Malioboro.

 

Demikianlah informasi singkat tentang objek atau tempat wisata Titik Nol Km Yogyakarta. Semoga bermanfaat.