[email protected]     0813 2821 1563

Candi Prambanan, Candi Megah dengan Kisah Cinta Abadi
JAVA TOURISM TRAVEL > Destinations > Candi Prambanan, Candi Megah dengan Kisah Cinta Abadi

Candi Prambanan, Candi Megah dengan Kisah Cinta Abadi

Candi Prambanan merupakan salah satu candi Hindu Indonesia. Tidak sekedar menjadi candi Hindu terbesar Indonesia, bahkan candi ini juga menjadi salah satu candi terindah Asia Tenggara.

Berkat kemegahannya, Candi Prambanan telah menjelma sebagai salah satu destinasi wisata populer Yogyakarta. Untuk menambah wawasan Anda, berikut kami merangkum detail informasi mengenai Candi Prambanan.

Sejarah Candi Prambanan

Berdasarkan informasi dari prasasti Siwagrha jika Candi Prambanan muncul pada pertengahan abad 9 tepatnya masa pemerintahan Rakai Pikatan, Kerajaan Mataram Kuno. Selama beberapa waktu, candi megah ini terbengkalai bahkan sempat tertimbun material letusan gunung merapi dan secara perlahan menjadi hutan lebat.

Selama ratusan tahun Candi Prambanan tertutup hutan lebat tanpa ada seorang pun yang mengetahuinya hingga kemudian reruntuhan candi mulai muncul kembali. Pasca sebelumnya, tidak ada yang mengetahui secara pasti Candi Prambanan hingga kemudian tercipta legenda Roro Jonggrang sebagai cerita rakyat tentang asal usul Candi Prambanan.

Berdasarkan informasi, jika pemugaran Candi Prambanan dapat terlaksana pada tahun 1930, pemugaran candi utama mulai rampung tahun 1953. Perkirakan ada sekitar 240 candi besar dan kecil dalam area kompleks Candi Prambanan. Meskipun demikian, hanya ada 18 candi yang berhasil terbangun dan sisanya menjadi tumpukan batu berserakan. 

Alkisah dari Relief Ramayana

Ada banyak relief memenuhi Candi Prambanan, dan salah satu yang paling fenomenal ialah relief mengenai cerita Ramayana dan Krishnayana. Mulai dari kisah kelahiran Rama, penculikan Sinta oleh Rahwana, relief mengenai upaya penyelamatan Sinta oleh panglima kera Hanoman.

Bahkan saat pertemuan kembali Sinta dan Rama hingga proses penyerahan tahta oleh Rama kepada putranya. Relief cerita Ramayana dengan kekasihnya tersebut terpahat pada dinding sebelah pagar dalam, tepatnya pada sepanjang lorong galeri yang mengelilingi candi utama.

Tidak jauh dari kawasan Candi Prambanan, anda dapat menyaksikan sebuah sendratari pada malam tertentu. Menariknya sendratari Ramayana telah berhasil meraih rekor dunia Guinness World Records sebagai salah satu pentas tari paling banyak melibatkan penari dan paling lama dan rutin.

Spot Foto Terbaik di Candi Prambanan

Khusus untuk Anda yang berlibur ke Candi Prambanan, perlu Anda tahu ada banyak spot foto terbaik sekitar candi megah ini. Beberapa spot populer yang kerap sebagai latar berfoto ialah spot Syiwa Mandala hingga spot reruntuhan Candi Perwara.

Selain itu, sebelum Anda masuk ke bagian pelataran dari jalan utama coba belok ke arah selatan karena bisa mengambil foto dari seluruh sisi candi utama yang terbingkai cantik oleh pohon mahoni. Nah spot Candi Perwara juga kerap menjadi foreground yang memberikan efek dramatis sehingga jangan lewatkan titik ini. 

Jika Anda membutuhkan paket sewa mobil Jogja, Anda juga bisa menghubungi nomor Whatsapp ini atau Silahkan klik link >>> ini untuk bertanya dan diskusi tentang Paket Tour Jogja.

Meskipun sebelum senja petugas keamanan akan mengosongkan kawasan Candi, pastikan untuk mengabadikan pemandangan senja dari lapangan Siwa Mandala. Titik terbaik menikmati sunset ini berada dekat pintu keluar pelataran candi utama.

Dengan titik terbaik ini anda bisa menghasilkan kualitas foto yang luar biasa. Masih banyak aktivitas menarik yang bisa Anda nikmati dalam area kompleks Candi Prambanan, sangat tepat memilihnya sebagai destinasi tujuan wisata.

Anda juga bisa menghubungi Java-Tourism Travel untuk membatu paket perjalanan wisata Yogyakarta.


LIHAT PAKET WISATA

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *