[email protected]     0813 2821 1563
wisata watu amben yogyakarta

Pesona Bukit Watu Amben dan Keunikan Sejarahnya

wisata watu amben

Watu Amben adalah salah satu lokasi wisata yang menampilkan pemandangan indah Jogja. Masih banyak obyek sejenis yang juga menampilkan daya tarik serupa bukit Watu Amben. Karena Jogja memang memiliki banyak perbukitan yang mempesona.

Sebelah utara, terdapat berbagai dataran tinggi yang puncaknya adalah kawasan Merapi. Sedangkan untuk daerah barat Jogja, terdapat perbukitan yang dekat dengan kawasan Merbabu. Nah, untuk sebelah selatan, arah menuju area Gunung Kidul merupakan perbukitan.

Dan area perbukitan Gunung Kidul inilah terdapat Watu Amben yang lokasinya menghadap ke arah Kota Jogja. Karenanya terdapat sensasi tersendiri dalam menikmati obyek wisata ini. Penasaran dengan berbagai daya tarik yang dapat kamu temukan? Berikut informasinya.

Pesona Bukit Watu Amben

Spot Watu Amben adalah salah satu lokasi wisata yang merupakan perbukitan yang berlokasi sekitar area perbatasan Bantul dan Gunung Kidul. Perbatasan area Bantul – Gunung Kidul adalah rute menanjak yang perlu cukup kewaspadaan untuk melintasinya.

Namun rute menanjak ini cukup memadai karena bisa menampung kepadatan saat musim liburan tiba. Sekitar lokasi ini memang banyak tempat yang bisa untuk menikmati kuliner, cafe dan juga spot untuk menikmati pemandangan Jogja dari ketinggian.

Sejarah bukit ini tidak terlepas dari asal – usul yang dapat kamu ketahui dari namanya yang juga unik. Watu Amben berasal dari bahasa setempat yaitu bahasa Jawa yang bermakna Batu Ranjang. Nama ini sesuai dengan apa yang terlihat saat pertama kali berkunjung.

Area ini memang terdapat batu yang lebar dan menyerupai ranjang. Konon batu ini memang menjadi tempat peristirahatan para Raja Jogja masa lampau. Hal ini terlihat dari pemandangan Jogja yang memang jelas terlihat dari ketinggian.

Para Raja itu memang menjadikan bukit ini lokasi peristirahatan yang sekaligus bisa memberikan pemandangan yang mempesona bagi mereka. Saat ini, lokasi ini dapat kamu nikmati bahkan banyak pengunjung yang berasal dari berbagai daerah.

Saat ini, para pengunjung bukan hanya datang dan menikmati pemandangan yang ada, namun juga menghampiri berbagai tempat yang berada sekitar lokasi. Mereka menikmati kuliner atau sekedar bersantai dengan berbagai keindahan pemandangan sekitarnya.

Selain itu, hal yang bisa kamu nikmati pada obyek wisata ini adalah momen sunset. Karena berada atas ketinggian dengan pemandangan yang luas, syahdunya sunset terasa begitu mempesona. Sehingga banyak pengunjung yang secara khusus datang dan menunggu sunset tiba.

Lokasi dan Rute

Bukit bersejarah ini berada dalam area yang bukit seribu. Dinamakan bukit seribu karena pada area ini terdapat banyak perbukitan. Area jajaran bukit seribu sebenarnya secara administratif Gunung Kidul.

Meskipun berada dalam jaringan bukit seribu, alamat lengkap Watu amben yaitu Jl. Dlingo-Patuk, Area Kebun, Srimulyo, Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Area ini terbilang mudah untuk kamu akses namun perlu kewaspadaan. Jarak tempuh apabila berangkat dari titik kota Jogja sejauh kurang lebih 20 km, dengan waktu tempuh kurang dari satu jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Rutenya dari titik nol km kota jogja mengarah ke timur menuju ke rute Jalan Wonosari. Sesampainya Jalan Wonosari terus ke arah selatan menuju Bukit Bintang. Dari Bukit Bintang masih lanjut hingga berada pada simpang menuju Patuk.

Setelah itu, ambil arah kanan menuju ke arah Dlingo, Bantul. Jarak dari simpang menuju lokasi kurang lebih 1 km. Berhati – hatilah saat berada jarak 1 km terakhir ini karena jalan akan semakin terjal menuju puncak. Baca juga: Sewa Mobil Jogja yang paling recommended

Fasilitas

Spot ini sudah memiliki fasilitas yang memadai. Beberapa fasilitas ini antara lain :

  • Gazebo atau tempat beristirahat
  • Tempat makan dan Kafetaria
  • Toilet
  • Lahan Parkir

Informasi Harga

Lokasi ini bisa menjadi salah satu alternatif wisata hemat di Jogja. Karena untuk mengunjungi lokasi ini tidak perlu membayar tiket masuk. Para pengunjung bisa langsung menikmati keindahan alam bukit ini.

Namun untuk yang menggunakan lahan parkir karena membawa kendaraan pribadi perlu mengeluarkan biaya mulai dua sampai lima ribu rupiah. Jika tidak memiliki kendaraan, wisatawan bisa memanfaatkan java tourism yang memberikan layanan antar jemput wisata.

Informasi Tambahan

Waktu yang cocok untuk mengunjungi lokasi ini adalah pada hari biasa. Karena pada waktu liburan, rute menuju lokasi akan sangat padat dan obyek wisata akan sangat ramai. Karena itu, carilah celah dimana saat waktu kunjungan tidak pada hari libur nasional. Demikianlah informasi singkat tentang objek atau tempat wisata Watu amben Yogyakarta. Semoga bermanfaat.

Jika kamu membutuhkan paket sewa mobil Jogja, kamu juga bisa menghubungi nomor Whatsapp ini atau Silahkan klik link ini >>> untuk bertanya dan diskusi tentang Paket Wisata Jogja.

Baca juga: 45 Destinasi hits Jogja 2020.

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *